hosting indonesia

Wisata Jogja : Sunset Pohon Abadi di Pantai Kesirat

Pantai Kesirat adalah Salah satu pantai yang terletak di Dusun Karang, Desa Girikarto Kecamatan Panggang, atau lebih tepatnya pantai ini terletak di sebelah barat Pantai Gesing. Pantai yang cukup sepi ini lebih dikenal oleh para pemancing ikan , karena pantai ini memiliki spot memancing yang cukup banyak diburu oleh para macing mania.

pantai kesirat, sunset, jogja, wisata tiket

Di pantai ini kita tidak disuguhi pemandangan pasir putih ataupun gazebo seperti di Pantai Gunungkidul lainya, karena pantai kesirat ini merupakan sebuah tebing yang langsung berbatasan dengan laut, Selain tempatnya yang cukup tersembunyi pantai ini juga jadi incaran para wisatawan yang segaja ingin camp atau menginap. Untuk menuju lokasi ini akses susah sangat bagus meskipun belum sempurna , kita akan disuguhi perjalanan melewati kandang - kandang ternak  penduduk dan melewati jalan cor sejauh kurang lebih 4 Km dari jalan raya.

Di pantai ini juga tidak kita temukan penjaja makanan ataupun sewa payung, tetapi hanya ada 2 bangunan tua, semacam rumah yang dibiarkan tidak terawat. Waktu Sore adalah waktu yang tepat untuk mengujungi pantai ini, karena kita bisa secara langsung melihat Sunset atau matahari tenggelam di samudera secara jelas bingit, dari bibir tebing pantai kesirat, dan juga beberapa aktifitas penduduk sekitar yang mencari ikan dengan cara Ngrendet Menebar jala antara satu tebing ke tebing lainya yang dikaitkan di sepanjang senar yang menghubungkan 2 tebing.

Ada satu icon unik dipantai ini , yaitu sebuah pohon abadi (Pohon Gebangkoro) yang tumbuh di atas tebing pantai Kesirat dan menjulang ke laut bebas.

Rute Menuju Pantai Kesirat

Dari Imogiri : Jalan Imogiri → Jalan Siluk → ( anda akan menemukan Pohon beringin yang cukup besar , lalu ambil Kanan Menuju arah pantai Gesing ) → Pasar Pandhem Ke Kanan → Jika ke kiri ke pantai Gesing , Lurus saja sekitar 200 Meter ada masjid kiri jalan ( masuk ke kiri )
Dari Jogjakarta : Pertama ikuti Jalan ke araj wonosari → Pertigaan Lanud Gading  → ( kanan Arah Playen ) → Kecamatan Playen → Kecamatan Paliyan →Hutan Sodong → Pertigaan setelah telaga Namberan Ambil Kanan → Arah ke Panggang setelah balai desa Girisekar (anda akan menemukan Pohon beringin yang cukup besar, lalu ambil Kanan Menuju arah pantai Gesing) → Pasar Pandhem Ke Kanan → Jika ke kiri ke pantai Gesing , Lurus saja sekitar 200 Meter ada masjid kiri jalan (masuk ke kiri). Sumber : tentanggk. com