Ini Dia Tempat Liburan Eksotis Saat Berkunjung ke Malang, Yakin Gak Mau Mampir ?


Selama ini jika orang menyebut pantai ala film “The Beach” nya Leonardo Di Caprio, maka pikiran kita langsung melayang ke Thailand. Namun pulau Sempu di selatan Malang juga mempunyai pantai yang tak kalah eksotis. Sama seperti pantai di film “The Beach” diperlukan usaha ekstra untuk mencapai pantai berpasir putih ini.


backpacker, Pantai, Pulau Sempu, tempat liburan, tempat wisata, wisata malang, wisata tiket, liburan murah, tempat liburan, liburan malang, liburan jawa timur


1. Prakiraan Biaya
Starting point yang paling umum adalah lewat Surabaya. Biaya perjalanan dari kota asal tergantung dengan jenis kendaraan apa yang anda pakai untuk ke Surabaya. Saya pribadi memakai jasa kereta api Gumarang (Dari Jakarta) dengan kelas bisnis dengan tarif Rp.225.000,- untuk kereta api Gumarang dengan kelas ekonomi bisa dengan tarif Rp. 95.000,- sedangkan tarif kereta api eksekutif Agro Anggrek adalah Rp. 330.000,-

1-A-1 Surabaya – Malang
Sesampai di Surabaya di stasiun Pasar Turi, tujuan berikutnya kita menuju terminal Bungur Asih bisa di capai menggunakan angkutan umum dengan tarif 5.000,- sesampai terminal Bungur Asih bisa menuju bus jurusan malang, tarif bus antar kota adalah Rp. 15.000,- lama perjalanan dari Surabaya ke malang memakan waktu kurang lebih 2 Jam


1-A-2 Malang – Sendang Biru/Sempu
Setelah sampai di malang, sebaiknya sebelum melanjutkan perjalanan menuju Sendang Biru anda bisa istirahat sejenak atau menikmati makanan khas malang. Salah satu makanan khas Malang yang selalu menjadi favorit di kalangan pelancong adalah bakso khas Malang.

Dari terminal bis kota Malang, anda dapat naik Isuzu Elf menuju Sendang Biru, seharga Rp 25,000 dengan lama perjalanan 2,5 jam.

Jika anda malas membawa perlengkapan kemah sendiri, anda dapat menyewa alat-alat tenda di ”Do-Rent” Jl. Kedawung Gg 15 No.91 C Malang (0341) 701 1233, 0812-33883-67 (Hanung). Tempat ini sudah terkenal di kalangan pelancong yang ingin menyewa tenda dan peralatan lain yang dibutuhkan untuk camping.

Sesampai di Sendang Biru bila ingin menyebrang ke Pulau Sempu, anda harus pergi terlebih dahulu ke bagian administrasi untuk membuat ijin. Penyebrangan terakhir menuju Pulau Sempu adalah pukul 16.30 dan biayanya sebesar Rp. 100.000.



Akomodasi
Untuk penginapan di Sendang Biru ada beberapa pilihan yang bisa anda pilih.

Menginap di Sendang Biru
Memang disini tidak ada penginapan seperti hotel atau motel, tetapi beberapa rumah penduduk atau tempat pengelola Pulau Sempu mempunyai tempat yang bisa disewakan buat penginapan.
Biaya menginap semalam adalah sekitar Rp 100.000,-

Menginap di Pulau Sempu
Apabila anda ingin menginap di Pulau Sempu, tentunya anda harus mempersiapkan peralatan seperti tenda, sleeping bag, kompor, matras dan alat penerangan. Semua itu bisa anda sewa di Do-Rent yang khusus menyewakan alat-alat buat camping.

Makanan
Rumah makan yang berada di Sendang Biru tidaklah banyak, umumnya para pelancong pergi ke minimarket terlebih dahulu buat membeli makanan seperti mie instant, roti, atau memesan makanan dari warung makan dari Sendang Biru untuk disantap di Pulau Sempu nantinya.

Biaya Lain – Tiket Masuk
Untuk menuju ke Pulau Sempu dikenakan biaya administrasi untuk rombongan sebesar Rp.50.000,- selain itu anda  juga bisa menyewa jasa Polusi Hutan (POLHUT) sebesarRp 100.000,-. POLHUT ini bisa menjadi tour guide kita  sekaligus penunjuk jalan di Pulau Sempu.

Objek Wisata
Kapal Nelayan
Di Pulau Sempu tedapat pantai yang indah yang dinamakan ’Segara Anakan’, untuk mencapainya anda harus melewati hutan. Disini anda bisa mendengar suara burung maupun kera-kera, karena memang banyak kera yang berada di hutan ini. Berhati-hatilah dengan barang bawaan anda, karena kera-kera disini sering mengambil makanan atau barang-barang bila anda kurang waspada.

Di pantai ini anda bisa berenang karena airnya benar-benar bersih, aktivitas favorit lainnya adalah snorkelling. Di Segara Anakan juga tedapat tebing-tebing pecahan dari karang-karang yang diterpa ombak, hati-hati bila melangkah karena karangnya sangat tajam dan terjal, sebenarnya tidak dianjurkan untuk memanjat karang ini. Beberapa orang tetap nekat memanjat karena memang dari atas karang itu ada pemandangan samudera Indonesia yang indah.

Saran Itinerary:
Bagi yang Ingin menjelajahi Pulau Sempu selama 1 hari

Bila anda ingin ke Pulau Sempu dan tidak ingin bermalam di Segara Anakan sebaiknya anda sampai di Sendang Biru sekitar pukul 7 pagi, karena jarak perjalanan dari Sempu menuju pantai Segara Anakan bisa memakan waktu 2-4 jam tergantung dari cuaca malam sebelumnya. Bila semalam hujan maka medan perjalanan akan semakin berat.

Bagi yang Ingin menjelajahi Pulau lebih dari 1 hari dan bermalam di Segara Anakan
Apabila anda ingin bermalam di Segara Anakan, sebaiknya anda mempersiapkan alat-alat seperti tenda, sleeping bag, matras, kompor, lampu dan alat penerangan buat bermalam di Segara anakan serta jangan lupa makanan ringan maupun air bersih. Batas menyebrang pulau adalah pukul 16.30 karena semakin malam akan semakin berat medannya karena gelap dan tidak ada penerangan sama sekali.

Kondisi cuaca di Jawa Timur akhir-akhir ini semakin kacau dan susah diprediksi, namun jika malam sebelumnya turun hujan maka perjalanan anda menuju pantai Segara Anakan akan menjadi lebih berat. Secara umum, musim kemarau pada bulan Juli – September adalah saat yang tepat.


Cuaca
Kondisi cuaca di Jawa Timur akhir-akhir ini semakin kacau dan susah diprediksi, namun jika malam sebelumnya turun hujan maka perjalanan anda menuju pantai Segara Anakan akan menjadi lebih berat. Secara umum, musim kemarau pada bulan Juli – September adalah saat yang tepat.

Packing List
Selama di Pulau Sempu jangan terlalu banyak barang bawaan, karena barang yang anda bawa bisa di titipkan di bagian administrasi. Bawalah barang sepentingnya seperti baju ganti, obat-obatan pribadi, makanan dan air bersih. Jangan lupa buat membawa trash bag buat sampah-sampah makanan yang anda makan disana.

Tips
- Bawa barang seperlunya saja jangan terlalu banyak barang bawaan sehingga akan mempersulit langkah perjalanan anda
- Bawa Sunblock untuk menghindari sengatan panas matahari
- Bawa tenda, sleeping bag, lampu, kompor, obat-obatan pribadi dan lotion anti nyamuk bila anda ingin bermalam
- Bawa Trash Bag buat membawa kembali sampah-sampah yang anda bawa buat membuat mie instan atau botol minuman yang anda minum
- Lebih disarankan memakai sepatu atau sandal gunung
- Bawa makanan dan minuman secukupnya
- Mintalah nomor Hp pelayan atau penunggu angkot sebelumya buat perjanjian kapan anda minta dijemput.

Estimasi Biaya:
1. Kereta Bisnis Gumarang – Jakarta – Surabaya (pasar Turi) = Rp. 180.000
2. Sewa Angkot Pasar Turi – Bungur Asih = Rp. 5.000
3. Terminal Bungur Asih – Arjo Sari (Malang) = Rp. 15.000
4. Charter Elf Arjo Sari – Sendang Biru = Rp 50.000,- (Pulang Pergi)
5. Biaya Administrasi buat ke Sempu Rombongan = Rp 50.000
6. Biaya POLHUT sebagai Tour Guide = Rp 100.000
7. Biaya Perahu Sendang Biru – Teluk Semut = Rp 100.000/ perahu (bisa 10 orang)

Previous
Next Post »

6 comments

Write comments